biarkan semua melewati masanya...kan ada saat dimana semua terjawab dan terpikirkan ^_^

Rabu, 13 Januari 2010

Seruni ^_^


Bunga Krisan atau bunga seruni merupakan bunga yang indah, sehingga bunga ini biasa dibuat rangkaian untuk pernikahan karena selain bunga ini indah dan memiliki aneka warna tetapi juga daya tahan kesegarannya yang cukup lama. Banyak masyarakat menjadikan pembudidayaan Bunga Krisan sebagai agrobisnis karena jumlah permintaan pasar yang sangat besar, sehingga dapat dijadikan ladang usaha yang bagus. Adapula beberapa orang yang menekuni pembudidayaan bunga krisan sebagai kegiatan penyaluran hobi.

Memandang bunga krisan atau seruni yang sedang mekar memang memanjakan mata. Tah salah jika bangsa di Eropa menyebutnya Chrysanthemum, bahasa Yunani yang berarti kuning megah. Bahkan bangsa Jepang mengangkat bunga ini sebagai bunga nasional.

Bunga yang diduga berasal dari pegunungan Pyrenea (perbatasan Spanyol dan Perancis) ini memiliki aneka warna, seperti putih, kuning, salem, merah, pink dan violet. Krisan juga mempunyai banyak variasi kelopak: tunggal dan bertumpuk dengan ukuran kecil hingga super besar. Keindahan krisan memikat banyak orang.

Di Indonesia krisan lebih popular sebagai bunga potong dan bunga siap pajang yang dijual dalam pot. Tanaman yang masih termasuk keluarga Compositae ini sedikit manja dan membutuhkan perawatan khusus. Masuk akal karena asal krisan dari daerah subtropik yang beriklim dingin, sekitar 17 - 24 derajat C.

Krisan biasanya dikembang biakan dengan biji yang sebagian besar didatangkan dari Belanda. Sejauh ini bibit asal biji masih menjadi pilihan utama karena hasil yang seragam, perakarannya kuat dan masa berbunga lebih panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar